"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Rabu, Maret 09, 2011

Definisi dan Perbedaannya dengan Wiraswasta

DEFINISI KEWIRAUSAHAAN :

1. Dapat mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas serta juga dapat melahirkan wirausaha sukses lainnya. (Ciputra,2008)
2. Seseorang yang mampu memulai dan menjalankan usaha. (Kamus Manajemen - LPPM)
3. Orang yang mampu melakukan koordinasi, organisasi, dan penawasan. (J.B. Say)
4. Orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi beru atau mengolah bahan baku baru. (Josep Schumpeter)
5. Suatu kegiatan yang dapaat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi kreatifitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna produk dan jasa. (Prof. Raymond Kao,1999)
6. Orang yang berani menangguna resiko atas bisnis yang ia tekuni. Orang tersebut juga melihat bahwa terdapat suatu peluang luar biasa dalam suatu bidang. (Zimmerer dan scarborough,2005)
7. Seseorang yang mengorganisir, memenej, dan menanggung resiko sebuah bisnis atau usaha. (Kamus Merriam-Webster)
8. Perilaku berpikir strategis dan pengambilan resiko yang dilakukan untuk penciptaan peluang baru yang dilakukan oleh individu maupun organisasi.
9. Seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi.
10. Kesatuan terpadu dari semangat, nilai-nilai dan prinsip sreta sikap, kuat, dan seni dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan mengembangkan perusahaan atau kegiatan lain yang mengarah pada pelayanan terbaik kepada pelanggan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan Negara.
DEFINISI WIRASWASTA :
1. Kemampuan untuk menciptakan pekerjaan sendiri.
2. Keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan sendiri.
3. Memindahkan sumber daya ekonomi dari kawasan produktivitas ke kawasan produktivitas tinggi dan hasil yang besar. (J.B. Say)
4. Orang yang berani memutuskan untuk berani bersikap, berpikir dan bertindak secara mandiri, mencari nafkah dan berkarir dengan jalan berusaha diatas kemampuan sendiri.
5. Seseorang yang berani dan layak menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri.
6. Seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima bals jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut.
PERBEDAAN WIRAUSAHA DAN WIRASWASTA :
· Biasanya kedua istilah tersebut digunakan dengan maksud sama. Tapi, jika disimak dari arti katanya ada sedikit perbedaan. Jika dilihat pada definisi wiraswasta diatas, jelas bahwa wiraswata merupakan suatu sikap mental yang berani berdiri diatas kekuatan sendiri. Sikap ini beisa digunakan bagi seorang karyawan yang bekerja ‘ikut orang’ atau bagi yang punya usaha sendiri. Sedangkan wirausaha merupakan suatu bentuk usaha sendiri. Artinya, orang yang berwirausaha pasti bekerja sendiri, bukan bekerja pada orang lain.
· Didalam banyak literatur, antara istilah wiraswasta dan wirausaha sering berganti tempat alias artinya dianggap sama.
· Sebagian ahli mambedakan kedua istilah tersebut, tetapi perbedaan itu dinilai tidaklah terlalu signifikan.
· Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kedua istilah tersebut tidak dibedakan artinya/dianggap sama.

Pengertian Kewirausahaan
Pengembangan dari istilah Wiraswasta
telaah sudut pandang etimologis :

Wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan

Swa = sendiri
Sta = berdiri

Swasta = berdiri diatas kaki sendiri = berdiri

atas kemampuan sendiri

Wiraswasta : adalah sifat-sifat keberanian, keutamaan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri


Syumahamijaya. 1980. Pengertian Wiraswasta

Bukanlah teladan dlm usaha “partikelir (non pemerintah / swasta), melainkan :
Sifat2 keberanian, keutamaan, keteladanan dan semangat yg bersumber pada kekuatan diri sendiri, dr seorang pelopor kemajuan, baik dlm kekaryaan (pemerintahan) maupun dlm kegiatan apa saja diluar pemerintahan dalam arti positif yang menyebabkan keberhasilan seseorang
Gede Raka. 1999. mendifinisikan :

Wirausaha = Enterpreneur


Kewirausahaan = Enterpreneurship


ENTERPRENEUR :


One Who Undertakes A Project That Is Especially Difficult, Complecated Or Risky




Ciri – Ciri Wirausaha

• Berani menanggung resiko
• Mampu menciptakan dan meningkatkan sumberdaya
• Terbuka terhadap umpan balik
• Selalu mencari perubahan
• Tanggap terhadap perubahan
• Memanfaatkan perubahan sebagai peluang
• Terus menerus melakukan inovasi
• Cenderung petualang
• Tidak suka mencari kambing hitam
Kewirausahaan sangat dekat dengan dunia bisnis dan industri, sehingga setiap orang yang berusaha di bid. bisnis dan industri dianggap pengusaha
tetapi 



sumber : bangzabar.blogspot.com

Tidak ada komentar: