"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Sabtu, Oktober 23, 2010

tentang plagiat

Berbicara tentang plagiat (perbuatan seseorang yang mengakui karya milik orang lain sebagai karyanya sendiri) dan plagiator (istilah untuk seseorang yang melakukan plagiat) sudah sering diperbincangkan, baik itu soal karya untuk bidang musik, karya seni dan budaya dan lain sebagainya.

Nah, kejadian plagiat itu sendiri ternyata bisa menimpa para sebagian blogger di mana beberapa artikelnya di copy paste tanpa izin dan tanpa menyebutkan asal sumber jelasnya.
Dengan tema sekarang saya mau berbagi informasi untuk teman-teman semua tentang bagaimana ">Cara Mencegah Terjadinya Copy Paste Dari Para Plagiator

Hal ini juga semakin terpuruk karena tidak ada hukum yang jelas untuk mengatur sanksi secara tegas. Tapi apabila kita berbicara sanksi saya pikir masih terlalu dini dan egois karena hanya sebuah atau beberapa artikel saja yang di copy paste secara terang-terangan di blog.

Saya bukan memihak para plagiator tapi saya di sini hanya ingin MENCARI JALAN TENGAH sebagai owner dari blog yang saya urus sekarang untuk mencegah terjadinya plagiat untuk artikel blog saya. MENCEGAH itu lebih baik daripada kita ribut dengan para plagiator yang jelas saja CUEK dengan kegiatan buruknya.

Ada cara lainnya untuk mencegah tapi perlu sedikit otak-atik kode script dan saya pribadi tidak suka, yaitu menggunakan script "KLIK KANAN DILARANG" / "DILARANG UNTUK KLIK KANAN", tapi pertanyaan saya, bagaimana jika itu untuk blog yang berisi tutorial blog seperti blog saya ini yang banyak kode script yang harus di copy paste para pembaca, apa ga capek nulis satu-satu kodenya, ya tentunya kasihan toh. :D


Kabar baiknya sekarang untuk para blogger (sebenarnya sudah lama) sudah ada situs yang menyediakan fasilitas untuk mencegah para plagiat untuk SEDIKIT SEGAN melakukan tindakan yang curang ini. Yups, di sini saya menyajikan 2 situs yang umum dan sering dipasang oleh para blogger yaitu: Copyscape dan Myfreecopyright.


1. Copyscape


Ini adalah situs yang bisa kita akses secara online, teman-teman hanya perlu mendaftar kemudian tinggal generate kode HTML untuk memasang imagenya di sidebar blog. Cara kerjanya juga cukup mudah, jika sudah dipasang teman-teman hanya perlu klik image Copyscape nya, lalu masukkan URL blog teman-teman dan secara otomatis akan men-Scanning data artikel blog teman-teman yang selanjutnya akan terlihat Result/hasil artikel mana saja yang sudah di copy paste oleh para plagiator.


2. Myfreecopyright


Hampir sama halnya dengan Copyscape, teman-teman sebelumnya mendaftar secara online, kemudian pasang kode HTML imagenya. Kelebihan dari Myfreecopyright adalah bisa mengirimkan secara otomatis ke alamat email kita selaku owner blog artikel yang sudah kita postingkan sesuai dengan isinya, owner blog, tanggal penerbitan dan lain sebagainya. Jadi secara tidak langsung kita ada 2 bukti kuat untuk membuktikan keaslian artikel kita, yang pertama adalah yang kita postingkan kemudian yang kedua adalah konten yang dikirim secara otomatis dari situs Myfreecopyright ke alamat email kita.


Sebenarnya tindakan copy paste itu tidak ada salahnya, tapi harus tahu ETIKA dan harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini dan ini PENTING:


1. Izin dahulu kepada owner aslinya jika mau copy paste salah satu artikelnya,

2. Cantumkan sumber aslinya di dalam artikel yang sudah di copy paste dan buatkan taut balik linknya juga (jadi bukan cuma alamat url nya saja),

3. Bisa juga ditambahkan dengan Terimakasih kepada (.....) sebagai sumber referensi.


sumber : anggasana

Tidak ada komentar: