"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Kamis, Maret 31, 2011

JADIKAN AL-QUR’AN SEBAGAI OPERATING SISTEM

Taukah kita sejak umur berapa Muhammad SAW belajar Al-Qur’an dan berapa lama beliau belajar Al-Qur’an ? yach… umur 40 th Muhammad SAW baru mulai belajar Al-Qur’an, karena Wahyu Al-Qur’an turun ketika Muhammad SAW berumur 40 th dan belajar Al-Qur’an selama 23 th karena wahyu Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur selama 23 th, artinya apa ? 
berapapun umur kita saat ini tidak ada kata telat untuk bisa belajar dan menikmati Al-Qur’an !!!!!!!!!

Taukah kita berapa lama sahabat Umar bin Khathab belajar Al-Qur’an dan baru bisa menikmati Al-Qur’an ? 

yach… Beliau baru bisa menikmati Al-Qur’an setelah belajar selama 20 tahun, artinya apa ? 
tidak ada yang instan untuk dapat menikmati segala sesuatu, semuanya butuh PROSES. 
Namun kita tidak usah berkecil hati dulu karena zaman kita didukung dengan kecanggihan teknologi sehingga proses itu bisa kita percepat dan lebih mudah namun tetap bertahap sedikit demi sedikit.

Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya “. (A-Qiyamah:16-19 )

Sahabat, sebuah PC atau Notebook baru akan bisa bekerja dan fungsional sebagaimana yang kita inginkan ketika telah terinstall didalamnya SISTEM OPERASI ( Operating Sistem = Windows atau yang lainnya ), demikian halnya sesosok tubuh kita ini adalah sebuah hardware yang akan mampu bekerja dengan benar dan maksimal sebagaimana MAUNYA Allah Sang Pencipta ketika kita berhasil mengistallasi SISTEM OPERASI yang diberikan Allah kepada kita yaitu Al-Qur’an. 


Lalu bagaimana cara menginstallasi Al-Qur’an dalam diri kita agar menjadi Sistem Operasi yang tangguh ?

Yang Pertama, Jadikan Al-Qur’an Sebagai Kurikulum Wajib Seumur Hidup Kita.

Kita semua pernah sekolah atau kuliah, lalu punya cita-cita untuk menjadi ahli dibidang tertentu yang kita inginkan, berapa banyak buku dan literatur yang kita beli dan kita baca hampir setiap hari dengan penuh kesungguhan juga berbagai macam training kita ikuti, semua itu menggunakan investasi yang tidak sedikit, sedemikian gigihnya kita perjuangkan secara maksimal dan akhirnya sukses mendapatkan kompetensi dan prestise serta prestasi yang kita harapkan. 


Walau Ilmu dan Kompetensi yang kita dapatkan tersebut belum tentu mampu mengawal dan membahagiakan kita di Dunia maupun di Akhirat kelak.

Lalu bagaimana sikap kita dengan Kitab Allah = Al-Qur’an ? adakah literatur yang lebih benar, yang lebih lengkap, yang multidimensi keilmuan, yang lebih bisa dipertanggungjawabkan selain Al-Qur’an ? coba kita simak dengan seksama sebuah gambaran Al-Qur’an yang disampaikan Rosulullah kepada Ali bin Abi Thalib :
"Dari al-Harits bin Al-A’war dari Amir al-Mu’minin, Ali bin Abi Thalib berkata : Saya mendengar Roasulullah SAW bersabda : “ Akan datang berbagai macam fitnah, saya bertanya : bagaimana jalan keluarnya ? Beliau menjawab : Kitab Allah


Kitab Allah didalamnya terdapat berita mengenai apa yang tejadi sebelum kalian dan informasi mengenai apa yang akan terjadi setelah kalian juga hukum yang akan menyelesaikan perselisihan diantara kalian. 

dia adalah pemutus perkara bukan jenaka, dialah yang jika ditinggalkan oleh seseorang dengan angkuh pasti Allah akan menghancurkannya, siapapun yang mencari petunjuk pada yang lain selain Al-Qur’an pasti Allah akan menyesatkannya, ia adalah tali Allah yang sangat kuat serta peringatan yang sangat bijak. 

Ia adalah jalan yang lurus, dialah yang jika hawa nafsu berpegang kepadanya tidak akan bengkok, lisanpun tidak akan bercampuraduk ucapan yang haq dan yang bathil, para ulama tidak akan pernah merasa kenyang terhadapnya, pembacanya tidak akan pernah ragu karena banyaknya bantahan, 

keajaibannya tak akan pernah berhenti, dialah yang jika jin mendengarkannya pasti akan mengatakan : "Sesungguhnya kami mendengarkan Al-Qur’an itu sungguh menakjubkan, siapapun yang berbicara dengannya pasti benar, yang menghakimi dengannya pasti adil, yang beramal berdasar atasnya pasti diberi pahala, dan siapapun yang menyeru kepadanya pasti akan diberi petunjuk ke jalan yang lurus “ ( HR.ad-Darimi )

Sudahkah kita dan anak-anak kita belajar Al-Qur’an seserius belajar Materi Pelajaran yang akan di UAN kan atau seserius belajar Materi untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi atau Ujian Masuk PNS atau Ujian Masuk Perusahaan Multinasional ? seserius apakah kita berlatih memahami dan mempraktekkan Al-Qur’an ? 

seserius para calon Bintang Indonesia Idol atau Bintang KDI dalam berlatih menghadapi Audisi ?

Mengapa ? 

wah susah sih ! 
Bagaimana kalau yang bilang MUDAH itu Allah Sang Penulisnya ? 
wah ......itu mah tugas orang pesantren, kita-kita kan dituntut menjadi SDM yang terbaik agar mampu bersaing di Dunia Kerja ! 
Bagaimana kalau yang memberi Predikat SDM Terbaik itu Rosulullah SAW junjungan kita ? 
dan Rosulullah bilang bahwa “ Manusia yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mau belajar Al-Qur’an dan mau mengajarkan Al-Qur’an “.

Wah tapi kita harus cari banyak harta agar bisa sedekah dan sedekah itulah yang mampu menyelamatkan kita ! betul, tidak salah. 

Adakah orang yang terkaya sekalipun di Dunia ini yang mampu sedekah setiap hari dengan hartanya ? 
mampukah kita mempersiapkan agar seluruh harta kita nantinya akan mengikuti kita hingga Hari Pengadilan kelak ? 
Al-Qur’an sangat beda dengan Harta Kekayaan, Rosulullah bilang “ Kelak Al-Qur’an itu akan hidup mendampingi kita sebagai Pembela ketika kita duduk di Kursi Pengadilan Allah Yang Maha Adil “.
  • Jadi mulai hari ini jangan sampai hari-hari kita berlalu tanpa belajar membaca dan memahami Al-Qur’an secukup mungkin dan semaksimal mungkin.  
  • jangan mentang-mentang pernah sekolah Islam atau keluaran Pesantren, terus kemudian pensiun belajar Al-Qur’an .
Bagaimana pendapat kita, kalau saja Lembaga Pendidikan kita Kurikulum Wajibnya adalah Al-Qur’an dan tolok ukur kelulusannya adalah penguasaan Al-Qur’an, tentu ummat Islam Indonesia dan Dunia tidaklah terhina saat ini, PASTI !

Yang Kedua, Pilih Waktu yang Paling Produktif untuk Kegiatan Belajar Mengajar Al-Qur’an

  • Kapan kita belajar Al-Qur’an ? wah sibuk banget nih, ntar ah kalau masih sempat dan ada waktu. 
  • Bagimana nih enaknya kita buat Kajian Al-Qur’an ? 
  • dua minggu sekali atau sebulan sekali lah, habis waktu kosongnya cuman itu sih, week end kan perlu refresh bersama keluarga atau teman-teman.

Yach…. Al-Qur’an kita kasih WAKTU SISA, kurikulum di sekolah atau kuliah dengan porsi WAKTU SISA, kita pegang dan baca Al-Qur’an di WAKTU SISA, kita baru nyadar belajar Al-Qur’an ketika masih tertinggal UMUR SISA. 


Mungkinkah dengan waktu sisa yang amat terbatas itu kita bisa kompeten menjadi Ahli Qur’an ? 
emangnya kita semua harus menjadi Ahli Qur’an bukannya itu tugasnya Pak Ustadz dan kyai ? 
bukankah kita juga ingin lolos selamat dari Sanksi Pengadilan Sang Maha Tinggi ?

Mulai hari ini tempel besar-besar WAKTU KHUSUS BELAJAR AL-QUR’AN kita SETIAP HARI yang tidak boleh diganggu gugat oleh kegiatan lain di dinding kamar kita. Sebagai bukti komitmen kita serius Belajar Al-Qur’an


Yang Kedua, Pilih Waktu yang Paling Produktif untuk Kegiatan Belajar Mengajar Al-Qur’an

Kapan kita belajar Al-Qur’an ? wah sibuk banget nih, ntar ah kalau masih sempat dan ada waktu. Bagimana nih enaknya kita buat Kajian Al-Qur’an ? dua minggu sekali atau sebulan sekali lah, habis waktu kosongnya cuman itu sih, week end kan perlu refresh bersama keluarga atau teman-teman.

Yach…. Al-Qur’an kita kasih WAKTU SISA, kurikulum di sekolah atau kuliah dengan porsi WAKTU SISA, kita pegang dan baca Al-Qur’an di WAKTU SISA, kita baru nyadar belajar Al-Qur’an ketika masih tertinggal UMUR SISA. Mungkinkah dengan waktu sisa yang amat terbatas itu kita bisa kompeten menjadi Ahli Qur’an ? emangnya kita semua harus menjadi Ahli Qur’an bukannya itu tugasnya Pak Ustadz dan kyai ? bukankah kita juga ingin lolos selamat dari Sanksi Pengadilan Sang Maha Tinggi ?

Mulai hari ini tempel besar-besar WAKTU KHUSUS BELAJAR AL-QUR’AN kita SETIAP HARI yang tidak boleh diganggu gugat oleh kegiatan lain di dinding kamar kita. Sebagai bukti komitmen kita serius Belajar Al-Qur’an

Yang Ketiga, Jadikan Teman Dalam Perjalanan

Untuk selalu berteman dengan Al-Qur’an tidak harus menunggu kita hafal Al-Qur’an, di Mobil kita ada Tape atau CD Player sediakan selalu Kaset/CD Murottal Al-Qur’an yang kita sukai Qiroahnya, bagi kita yang biasa pake motor isilah HP kita dengan MP3 Murottal Al-Qur’an putarlah berulang-ulang Surah-Surah Idola kita dulu yang sebelumnya sudah kita pelajari dan kita pahami arti dan terjemahannya, maka rasakanlah betapa nikmatnya perjalanan kita bersama Al-Qur’an. Lakukan ini setiap hari dan setiap ada kesempatan, maka dalam waktu singkat kita akan banyak hafal surah-surah dalam Al-Qur’an dan tidak mustahil  jika kita konsisten seluruh Al-Qur’an akan kita hafal dan kita kuasai walau kita adalah orang yang super sibuk dan bukan orang jebolan pesantren. Jadi tinggalkan sudah lagu-lagu cengeng yang membuat kita makin frustasi.

Yang Keempat, Tidurlah Bersama Al-Qur’an

Apa yang terjadi ketika kita tidur ? ya kita masuk dalam kondisi bawah sadar, kondisi dimana para Hipnotherapis memprogram , mempengaruhi dan menguasai pikiran kita. Nah mengapa otak bawah sadar kita tidak kita program dengan Al-Qur’an ketika kita tidur ? awalnya memang susah ketika kita mau tidur ada suara yang mungkin mengganggu, tetapi kalau kita sudah terbiasa malah justru menjadi kenikmatan tersendiri, lalu rasakanlah tidur kita yang begitu indahnya dengan mimpi-mimpi yang sangat menakjubkan. Gak percaya ? lakukan, tapi jangan sekali tapi setiap malam.

Yang Kelima, Jangan Berqur’an Sendirian

Tidak rindukah kita, ketika kita sedang berada di rumah anak-anak kita melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan suara khasnya masing-masing menirukan Qiro’ah dari Timur Tengah. Atau ketika dini hari tiba, kita terbangun istri kita dengan khusu’nya membuka dan membaca Ayat-Ayat Cinta. Atau ketika kita sedang sakit dalam pembaringan suami kita menemani dan membacakan Ayat-Ayat Allah yang menyejukkan. Oh… betapa bahagianya kita di Dunia ini dengan keluarga yang senantiasa bernaung dibawah indahnya Al-Qur’an, serasa kita sudah berada di Sorga.
Mulai hari ini jangan biarkan anak istri kita dan keluarga kita tidak mempunyai jadwal Belajar Al-Qur’an.

Yang Keenam, Gunakan Teknologi

Teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin mudah belajar dan memahami Ilmu apapun termasuk Al-Qur’an, tidak sedikit sudah Multimedia interaktif dan Audio Visual belajar Al-Qur’an yang menawarkan berbagai macam metodologi Belajar  Al-Qur’an dengan kelebihannya masing-masing. Kita tinggal pilih dan langsung belajar  jangan pernah tunda-tunda lagi. Di Internet juga tidak sedikit multimedia interkatif atau audio visual belajar Al-Qur’an semua serba gratis.

Yang Ketujuh, Bergurulah

Keberadaan Guru Al-Qur’an adalah sebuah keharusan karena disinilah kita harus koreksi, sudah benarkah bacaan Al-Qur’an kita ? namun berguru tidak harus kepada Ustadz atau Kyai yang jauh dan terkenal, carilah orang yang terdekat dengan kita dahulu, kalau Istri atau suami kita mampu mengapa kita tidak berguru sama beliau, justru ini akan menjalin hubungan kita semakin mesra dan indah, kalau anak kita lebih bagus kenapa tidak berguru dengan anak kita walau usianya masih belia ? justru kepercayaan dan kasih sayang akan tumbuh subur dalam keluarga kita.
Tetapi kalau sama-sama belum mampu atau ingin meningkatkan kemampuan berQur’an keluarga kita, tidak ada salahnya kita MENDATANGI ustadz/guru Al-Qur’an terdekat atau yang kita kenal, ingat MENDATANGI jangan DIDATANGKAN karena ini adalah bukti keseriusan kita belajar dan penghormatan terhadap Guru Al-Qur’an.

Bagimana mau mencoba ? apa artinya sebuah hidangan nikmat didepan mata kita, kalau kita hanya bisa mlototin saja, tanpa mencicipi atau melahap habis !

Lalu apa saja Indikator keberhasilan Installasi Sistem Operasi ( Al-Qur’an ) ini dalam diri kita :
  1. Film atau Sinetron favorit kita sudah terasa membosankan
  2. Lagu dan Musik kesukaan kita sudah terasa hambar di telinga kita
  3. Al-Qur’an terasa seperti nyawa kedua kita
  4. Kulit bergetar dan bulu kuduk kita berdiri ketika mendengar Al-Qur’an dibacakan dengan penuh perasan
  5. Keberkahan Rizki  dan kekayaan serta peluang-peluang  terus menerus mengejar kita
  6. Perilaku kita semakin santun dan kharismatik
  7. Dan banyak lagi indicator-indikator yang lain yang hanya bisa dibahasakan oleh orang yang telah merasakannya.


sumber : rumahyatimindonesia

Tidak ada komentar: