"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Minggu, April 04, 2010

Proses Keluar Keringat

  •  Keringat itu keluar dari kelenjar keringat yang terdapat di lapisan kulit, terletak di dekat kelenjar lemak. 
  • Keringat dikontrol oleh sistem saraf otonom, yang artinya itu adalah itu terjadi diluar kontrol kesadaran kita. Hal ini dapat menjelaskan kenapa keringat juga keluar di saat seseorang gugup atau ketakutan. Ini juga menjelaskan keadaan orang yang ‘hiperhidrosis’, berkeringat banyak.
  • keringat keluar  berfungsi sebagai salah satu sistem pembuangan zat metabolit dan sisa metabolisme, terutama yang bersifat larut air. Selain itu keluar keringat ini juga berfungsi sebagai ‘pendingin’ di kala seseorang merasa kepanasan, untuk keseimbangan suhu tubuh. Pada beberapa individu, seperti yang sistem metabolisme atau yang sistem keseimbangan dalam tubuhnya tidak baik, keluar keringat ini sebenarnya amat membantu.
  • Keluarnya keringat bisa memperbaiki keadaan. Pada orang-orang yang gemuk ataupun yang jarang olah raga juga bisa gampang berkeringat, itu karena ambang kerja organ begitu rendah dan sistem metabolisme yang tidak bagus sehingga dengan sedikit kerja / bergerak saja sudah bisa mengeluarkan keringat. Ini bisa jadi juga telah ada masalah dengan kerja jantung. Makanya pada beberapa orang yang punya masalah jantung, tangannya pasti berkeringat. 
  • Untuk keadaan Gemuk adalah diet dan olah raga. Sekarang, yang manakah yang menyebabkan keadaan ananda yang selalu berkeringat ini ? keadaan panas kah ? stres ? atau ananda ini memang orang yang ‘hiperhidrolis’? atau ananda orang yang gemuk ? Seperti yang telah kami utarakan di atas, bahwa produksi keringat ini diatur oleh kerja sistem saraf otonom.
  • Makanya di sini kami perlu sarankan untuk menghindari stres. Stres ini mempengaruhi sistem saraf, termasuk otonom. Minum banyak air putih akan sangat membantu untuk mengganti kehilangan air yang keluar dari kelenjar keringat itu. Kalau tidak diimbangi dengan ini, yang ada tubuh malah bisa mengalami dehidrasi. Walaupun keringat ini keluar diatur oleh sistem saraf otonom, dan dipengaruhi oleh keadaan-keadaan seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, ada suatu cara yang bisa dikatakan jitu untuk mengendalikan keluarnya keringat. 
  • Cara yang dikembangkan oleh para ahli akufuntur, dengan cara menekan / mematikan sistem saraf yang berkaitan dengan proses keluarnya keringat. Mungkin anda tertarik dengan cara ini ? Kalau begitu, ananda bisa langsung berkonsultasi dengan ahli akupuntur di klinik akupuntur terdekat. Tapi tentunya cara ini bisa dilakukan kalau memang tidak ada faktor lain, seperti penyakit, yang menyebabkan banyaknya keringat yang keluar. Lakukan pola hidup sehat, minimal ini dapat memperbaiki keseimbangan dan sirkulasi cairan tubuh serta sistem metabolisme. 
  • Olah raga yang teratur membantu kelancaran sirkulasi darah dan kerja otot jantung. Olah raga dapat juga membantu kelancaran pengeluaran zat-zat racun, baik melalui keringat dan melalui sistem pembuangan akhir (urin dan feses). Jadi tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.


Sumber : racik.wordpress.com

Tidak ada komentar: