"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Kamis, Februari 24, 2011

Cara menambah tulisan pada foto

Dengan menambah tulisan atau teks baik berupa huruf maupun angka pada sebuah foto akan menambah nilai dan makna tersendiri pada photo tersebut.. Foto menjadi lebih mempunyai tambahan informasi, tergantung tulisan atau teks apa yang kita buat. Biasanya tulisan pada foto bisa berupa judul foto, tanggal  saat pengambilan foto, lokasi,  komentar tentang isi foto, dan sebagainya.  Bagaimana cara membuat  / menambah tulisan atau teks pada sebuah foto?

A. TUTORIAL  MEMBUAT TULISAN DI PHOTOSHOP
Tulisan yang lumayan panjang  ini adalah tutorial dasar  bagi pemula yang baru belajar photoshop. Untuk detailnya silahkan berkreasi sendiri, Agar cepat dan mudah dimengerti, saya lengkapi  juga dengan beberapa gambar/ilustrasi  sederhana untuk memahami langkah-langkah maupun tahap-tahap tentang cara membuat tulisan dan teks pada foto dengan photoshop.

Langkah 1: 
Buka program adobe photoshop cs2 atau  cs3 cs4 cs5

Langkah 2 :
Buka foto : Klik File > Open > pilih Foto> OK.   Kali ini saya ambil contoh foto pemandangan air terjun Niagara berukuran 4R (15,2cm x 10,2 cm)

Langkah 3:
Aktifkan Type Tools  :  Klik Window > Centang (Check/Contreng) Tools > Klik kanan Type Tools > Horizontal Type Tools.(T).
Langkah 4.
Aktifkan Option Bar : Klik Window > Centang  Option.  Akan muncul kotak dialog atau kotak isian pada Option Bar. Ini berfungsi untuk pengaturan huruf dari teks pada foto yang akan tampil. Yang paling utama kita isi yaitu  (urut dari kiri ke kanan)  : Orientasi huruf, font huruf. ukuran huruf, dan warna huruf. Yang lain dapat anda baca sendiri.  Pada tutorial membuat tulisan di photoshop  ini saya pilih isian  sebagai berikut :
  • Orientasi huruf  : Vertikal
  • Font huruf         : Arial Black
  • Ukuran huruf     : 30 px
  • Warna huruf      : merah
Langkah 5.
Mulai membuat atau menambah tulisan pada foto menggunakan program Adobe Photoshop CS apa saja.  Caranya sebagai berikut  :
  • Pertama : Arahkan kursor pada foto.  Di mana? Sesuai dengan keinginan, dapat di tengah photo atau gambar, tepi, pojok, atas, bawah, kanan, kiri, dimanapun sesuka kita,
  • Kedua :  Ketikkan tulisan : AIR TERJUN NIAGARA Saya ambil contoh foto pemandangan dengan tulisan AIR TERJUN  NIAGARA.
  • Ketiga : Eksekusi :  Klik Centang pada Option Bar.  Atau klik Move Tool (V) > Apply.
  • Kalau oke klik tanda centang pada kotak Option, atau klik Move Tool > klik Apply  
  • kalau batal klik tanda stop, atau kik Move Tool > klik Cancel. Tulisan pada foto sudah tertulis dan ini akan menjadi layer baru dengan nama  AIR TERJUN NIAGARA.
  • Keempat :  Ulangi lagi menambah teks/tulisan pada foto di bawah tulisan yang pertama. Ketikkan tulisan : KANADA. Ini juga terbentuk layer baru dengan nama KANADA. Untuk eksekusi sama dengan langkaj di atas.

B. CARA MENGEDIT TULISAN PADA FOTO
Untuk mengedit/mengubah/merubah/mengganti tulisan yang telah kita buat maka tulisan atau teks yang ada pada foto atau gambar harus kita sorot (Highlight) terlebih dahulu. Caranya yaitu :
  • Aktifkan layer tulisan  : klik  Move Tool (V) > tekan Control + Tulisan AIR TERJUN NIAGARA pada foto. Cara lain : klik Move Tool (V) > klik layer AIR TERJUN NIAGARA..
  • Aktifkan Type Tool (T) : klik Type Tool (T)
  • Sorotlah atau highlight tulisan yang akan diedit . Saya ambil contoh kita akan mengedit tulisan KANADA. Drag cursor dari tepi tulisan ke tepi yang lain. caranya letakkan cursor pada tulisan paling pinggir boleh kanan atau kiri, kemudian klik dan seret ke tepi tulisan yang lain sejauh yang akan kita ubah. Hasilnya nampak seperti gambar di bawah ini. Yaitu tulisan KANADA terlihat tersorot (highligt) Tulisan pada foto siap untuk di edit. 

a. Mengatur warna tulisan :
Contoh berikut ini adalah merubah/mengganti/mengedit  warna teks AIR TERJUN NIAGARA menjadi biru. (Kita bisa mengubah warna tulisan menjadi merah, jingga/orange, kuning, hijau, biru, nila, pink, ungu, hitam, putih, abu-abu/kelabu, jambon, coklat, dll)
  1. Klik  Set the Text Color pada Option Bar. Lihat gambar nomor dua dari ataspada postingan ini. Lalu pilih warna dalam hal ini biru. Cara memilih/mengganti/membuat warna telah saya posting . Lihat  tulisan atau teks pada foto langsung menjadi biru.
  2.  Klik  Move Tool (V) > Apply.

b. Mengatur jenis huruf (Font) dari tulisan pada foto.
  1. Klik Set Font Family pada Option Bar  > pilih Font yang diingini.  Font defaut diantaranya : Arial Black, Arial Narrow, Aeial Roinded MT, AvantGarde ,Baskerville Old Face, BATAVIA, Baujaus 93, Bell MT, Berlim Sans FB, Berlin Sans FB Demi, Bernard MT Condensed, Blackadder ITC, Blackadder686BT dan lain sebagainya.
  2. Klik Font Style > Pilih salah satu ; regular, italic (miring), Bold (huruf tebal), Bold italic (tebal dan miring), tergantung ketersediaan.
  3. Klik  Move Tool (V) > Apply.
c. Mengatur  ukuran tulisan pada foto

Cara pertama :
  1. Klik Set the Font Size pada option Bar yaitu pada icon segitiga hitam kecil
  2. Pilih Ukuran yang tersedia secara default. Atau isilah angka sesuai keinginan kita.
  3. Klik  Move Tool (V) > Apply.
  4.   
    Cara kedua : 
  1. Aktifkan Move Tool
  2. Klik Ctrl + T atau klik garis pada transform control
  3. Klik pojok transform Control > drag ang drop ke dalam atu luar sesuai keinginan.
  4. Klik Oke
C. MENGATUR TAMPILAN TULISAN PADA FOTO

a. Mengatur posisi/layout  tulisan.
  1. Seleksi semua layer : tekan Ctrl + Klik semua layer pada palet Layer.
  2. Agar semua tulisan rata di kiri : Klik Align Left Edge pada option bar. (lihat pada gambar di bawah yaitu Anak panah warna merah)
  3. Agar tepat di tengah : Klik Align Horizontal Center (Anak panah warna hijau)
  4. Agar rata kanan : Klik Align Right Edge.(anak panah warna biru}
  5. Selesai.
 
b. Mengatur orientasi tulisan
Untuk membuat tulisan terlihat horizontal atau vertikal : Klik Change Teks Orientation pada Option Bar. Untuk mengubahnya kembali klik lagi pada tempat yang sama.

c. Mengatur letak tulisan pada foto
  1. Aktifkan Move Tool (V) : Klik Window > Tool > Move Tool (V).
  2. Drag tulisan kemana anda suka, atau dengan menekan anah panah kanan, kiri, atas, da bawah, pada keyboard.

d. Mengatur bentuk alur tulisan, misalnya bergelombang, berkibar seperti bensera, melengkung dll.
  1. Klik Create Wrap Text
  2. Klik segi tiga hitam pada Style yang ada pada Wrap Text Window
  3. Pilih bentuk yang diinginkan
  4. Set paremeter yang diinginkan
  5. Oke.

e. Mengatur style tulisan  
Kita dapat mengatur/membuat tulisan menjadi gradasi, mempunyai bayangan, garis tepi dll.. Pada dasarnya ini dapat kita lakukan dengan memakai layer style karena tulisan yang kita buat merupakan layer tersendiri.
  1. Aktifkan Move Tool (V) : KLIk Move Tool (V)
  2. Klik Layer > Layer Style > Bleding Option > Style > Pilih Style. Atau atur parameter yang ada lalu klik Oke.
  3. Langkah 2 dapat kita lakukan dengan : klik Add a Layer Style yaitu di sebelah bawah pada palet Layer. Kemudian atur parameternya seperti postingan terdahulu.
 

f. Membuat tulisan menjadi transparan
  1. Klik Opacity atau Fill pada palet Layer. Geser Slider ke kiri sesuai keinginan.
  2. Klik Oke.
g. Mengedit tampilan  tulisan dengan filter  
  1. Aktifkan Move Tool (V)
  2. Klik Filter > pilih keinginan 
  3. Anda dapat berkreasi tanpa batas.......
D. MEMBUAT TULISAN DALAM BENTUK PARAGRAF

Cara 1: Memakai  tombol  Enter
Setelah kita memasukkan sebuah tulisan pada photo atau gambar lalu tekan Enter pada keyboard. Otomatis kursor berpindah pada baris baru. tulisan baru akan terletak di baris berikutnya sehingga membentuk sebuah paragraf.
Cara 2: Memakai pallet Character.
  • Cara pertama : Klik Toggle Character and Paragraph Pallete pada Option Bar.
  • Cara kedua    : Klik Window > Centang Character.

Cara lain Mengedit tulisan dengan Photoshop
Cara lain mengubah teks  adalah melalui palet character .Selelah muncul palet Character anda dapat mengubah banyak hal atau berbagai parameter seperti jenis font, warna tulisan, ukuran, jarak spasi paragraf dan lain-lain.. Silahkan dikembangkan sendiri....


Tidak ada komentar: