"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Selasa, September 28, 2010

mengenal depresi

Jika pernah menyaksikan orang yang sedang depresi atau bahkan mengalaminya sendiri, tentu Anda akan tahu bagaimana organ tubuh kita menjadi terasa sakit. Sejumlah penelitian menunjukkan betapa hal yang tadinya psikologis bisa berubah menjadi deraan fisik (sama) dan melahirkan sejumlah penyakit psiko-somatis.

Terdapat sejumlah gagasan tentang dampak depresi klinis pada tubuh manusia. Salah satunya dari Duke University Medical Center. Disebutkan bahwa depres berimpitan dengan sensitivitas barorefleks alami tubuh (body's natural baroreflex sensitivity -BRS). Dalam situasi wajar senhari-hari, BRS akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada tekanan darah.

Penderita depresi, ini bedanya dengan yang sehat-sehat saja, memiliki BRS 30 persen lebih rendah. Ketika tubuh tak mampu beradaptasi dengan tekanan darah, maka jantung bekerja lebih keras. Jelas, hal ini meningkatkan risiko serangan penyakit jantung. Pendapat kedua dipicu oleh temuan bahwa depresi lebih sering disebabkan peningkatkan hormon stres (seperti adrenalin). Penderita depresi mengalami peningkatan hormon ini hingga 30 persen. Temuan ini membantu menjelaskan mengapa jantung penderita depresi berdetal lebih cepat, bahkan saat tertidur.

Hal ini juga seirama dengan temuan dari Universty of Washington School of Medicine. Dimana ditemukan bahwa kemampuan jantung, pada pengidap sakit jantung sekaligus penderita depresi, dalam mengurango stres mengalami penurunan.

Frekuensi dan konsistensi tingkat hormon stres berkaitan dengan:

* Sejumlah tipe nyeri dada (angina) dan ketidakteraturan irama jantung (aritmia)
* Peningkatan risiko penggumpalan darah dan tingginya tekanan darah (hipertensi)
* Iskemia, kondisi dimana jantung tidak memperoleh pasokan darah memadai
* Tinginya kolesterol dan risiko pengerasan arteri (arterosklerosis)
* Berkurangnya efektivitas sejumlah pengobatan pada jantung


Pandangan ketiga menyebutkan, jantung pasien penderita depresi kurang mendapat latihan atau olahraga. Penderita kurang menyediakan waktunya untuk bercengkrama dengan teman, famili atau sanak keluarga lainnya. Juga tidak aktif berpartisipasi dalam program rehabilitasi. Penderita juga cenderung 'mengobati' depresi dengan caranya sendiri, seperti dengan cara merokok, meminum alkohol, atau mengosnumsi makanan alias ngemil. Sebuah aktivitas yang sesungguhnya tidak menyehatkan. Karena mereka sering menderita nyeri dada, rasa sakit ini kemudian juga mengisolasi dan membuat dirinya tidak memiliki aktivitas.

Tips mencegah depresi

* Terbuka dan jangan suka memendam masalah, Di dunia ini tidak ada orang yang luput dari masalah. Orang yang tidak mempunyai masalah cenderung tidak mempunyai pegangan. Sedikit sekali ada orang yang selalu bisa mengatasi masalahnya sendiri, jadi berbagilah kepada teman dekat.
* Curhat dan Sharing. Kalau masalah tidak bisa dipecahkan secara sendiri lebih baik mengajak temam untuk sharing, terlebih ke pacar, atau siapa pun orang yang kita percayai.
Karena dengan begitu siapa tahu kita bisa dpat bantuan solusi untuk memecahkan masalah. Kalaupun enggak, paling tidak dengan berbagi cerita, perasan jadi lebih enteng dan pikiran tidak stres. Kalau beginim jadi bisa mikirin solusinya lagi kan.
* Kerjakan banyak hal. Saat waktu senggang dan masih muda, banyak cara untuk menghilangkan beban perasaan. Selain olahraga, membaca buku, menonton dan istirahat adalah pentung artinya dalam hidup.
* Mencoba yang belum pernah. Bukan berarti coba-coba sesuatu yang mengundang risiko, akan tetapi menguji nyali diri untuk melakukan tantangan yang dapat men-supprot diri.
* Banyak cara untuk meraih cita-cita, mewujudkan keyakinan dan harapan asal dengan sungguh dan pantang menyerah. Cara berserah diri dan sabar adalah pegangan supaya tidak terpeleset ke jurang kebimbangan.

Tidak ada komentar: