"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Jumat, Oktober 22, 2010

instal harddisk baru

Tanya : Saya baru saja membeli hard disk baru. Setelah memasang kabel dan menginstalnya di komputer, Windows XP tidak dapat mendeteksi hard disk ini walaupun hard disk sudah terdeteksi pada BIOS dan Device Manager.

Jawab : Hard disk baru yang di pasang pada komputer belum terlihat di My Computer karena belum dipartisi dan diformat. Namun, Windows XP menyediakan tool agar lebih mudah mengintegrasikan hard disk internal maupun eksternal.

TOOL HARD DISK :
Hard disk baru internal maupun eksternal dapat diintegrasikan ke dalam Windows XP melalui “Computer Administration”.
Untuk menjalankannya, buka “Control Panel” dan klik “Administration Computer Administration Storage Administration”. Seperti yang ditunjukkan screenshot, hard disk baru terdeteksi sebagai “Storage 1”. Tanda seru merah berarti hard disk belum terintegrasi dengan sistem.
Pertama, klik-kanan pada “Storage 1” kemudian, klik “Initialize Storage”. Lalu, aktifkan bar warna hitam dengan klik-kanan mouse dan klik “New Partition”. Selanjutnya, buatlah sebuah “Primary Partition”. Nama drive akan diberikan otomatis. Jika dibutuhkan, bagi hard disk dalam beberapa partisi. Sekarang, format partisi yang telah dibuat. Untuk partisi yang besar, sebaiknya pilih sistem file NTFS. Namun, bila kecil (sampai 32GB), bisa memilih FAT32. Terakhir, klik “Finish”. Setelah restart, hard disk baru sudah dapat diakses melalui Windows XP.


  • Bagi anda yang mencoba meng upgrade PC anda, terutama mengupgrade harddisk drive nya, tentunya kita diharuskan untuk mempartisi dan memformat harddisk baru tersebut. 
  • masalah akan timbul bila kita ingin tetap mempertahankan harddisk lama dan OS yang ada di dalamnya. 
  • untuk membuat partisi pada harddisk baru tersebut, ada beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan perintah DOS di windows XP yaitu diskpart. cara ini agak sulit.
  • cara yang lebih mudah adalah menggunakan partition magic , software khusus untuk membuat partisi yang dijalankan di OS (windows dll). 
  • caranya sangat mudah, tinggal menggeser-geser bar sesuai besar partisi yang akan kita buat.
tentunya akan lebih bijak jika kita mem back up data-data penting di Harddisk lama anda, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.
untuk memformat harddisk yang sudah dipartisi tersebut, anda dapat membuka disk management pada XP anda. buka my computer–> klik kanan pada icon my computer –> manage –> disk management.
dapat juga lewat control panel.

Tidak ada komentar: