"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Rabu, Januari 26, 2011

"Crop Circle" Piyungan Juga Buatan Orang

Editor: Tri Wahono
Rabu, 26 Januari 2011 | 17:27 WIB
Cundoko Crop circle yang dijumpai di Piyungan, Yogyakarta, difoto oleh seorang pengunjung bernama Cundoko.

BANTUL, KOMPAS.com — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan, temuan crop circle di area persawahan Dusun Wanujoyo Kidul, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga merupakan buatan manusia.
"Sebagaimana crop circle yang di Desa Jogotirto, Berbah, crop circle yang di Srimartani, Piyungan, ini juga buatan manusia," kata Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan Sri Kaloka Probotosari di Berbah, Rabu (26/1/2011).
Menurut Sri, pola crop circle yang ada di Dusun Wanujoyo, Srimartani, Bantul, sama persis dengan pola yang ditemukan di Berbah. "Baru saja kami ke sana dan jelas itu buatan manusia," katanya.
Ia mengatakan, pola crop circle di Piyungan lebih sederhana dan tidak serapih dengan crop circle yang ditemukan di Berbah. "Selain itu terdapat banyak bekas kaki yang menuju ke pusat lingkaran. Setiap pola ada jejak menuju ke sana. Yang lebih memastikan lagi, di tengah pola ada padi yang diikat atau disimpul. Jadi, jelas ini dilakukan manusia," katanya.
Sri Kaloka mengatakan, selain lebih kecil, crop circle di Piyungan juga kurang sempurna karena jari-jari pola di sana tidak rata, yakni ada yang 2,1 meter hingga 2,5 meter. "Kalau yang di Berbah ini jauh lebih sempurna, tetapi sama-sama dibuat oleh manusia," katanya.
Ia mengatakan, alat yang digunakan untuk membuat pola di Piyungan diduga juga sama dengan yang di Berbah yakni menggunakan jangkar. "Namun, apakah orang yang membuat sama atau tidak, saya tidak bisa memastikan. Besar kemungkinan yang membuat lebih dari satu orang," katanya

Tidak ada komentar: