"SELAMAT DATANG DI YAYASAN INSIDI"

Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile Click to get cool Animations for your MySpace profile

Rabu, September 29, 2010

Mengembalikan Data Pada Hardisk Terformat

Tulisan ini untuk memenuhi janji saya pada tulisan sebelumnya, dengan harapan akan berguna bagi rekan-rekan yang mengalami nasib serupa. Kehilangan data karena hardisk yang terformat.
Kejadian ini adalah yang kedua pada komputer saya, sebelumnya 8 tahun yang lalu, adik saya juga memformat habis isi hard disk, bahkan datanya pun tak terselamatkan. Penyebabnya masih sama, bermain linux.
Saat Linux Puppy yang saya install menghilangkan semua partisi, rasanya dunia gelap, sayapun syok dibuatnya, bingung dengan apa yang harus saya lakukan. Malam itu saya kekantor untuk mencari bacaan di internet tentang bagaimana mengembalikan data yang hilang itu.

Tidak sia-sia, artikel pada Obengware membuat saya bisa bernafas lebih lega, ternyata memang masih ada harapan.

Saya copot hardisk saya, dan saya tancapkan pada komputer lain yang masih sehat untuk saya recovery.
Sesuai dengan petunjuk yang ada didalamnya, saya mencoba dengan software Get Data Back. Dari hasil scanning tidak ada satu file dan folderpun yang dikenali. Saya hampir putus asa. Namun saya mencoba satu software lagi yang direkomendasikan, Stellar Phoenix FAT & NTFS. Hasilnya, folder-folder yang semula hilang itu tampil secara terstruktur pada sebuah kotak dialog. Alhamdulillah. Saya tunggu hasil scan yang sangat banyak itu, dan semua data muncul disitu.
Selanjutnya adalah mengkopy hasil scanning. Jika data anda sangat banyak, saya sarankan menyimpannya per 1 GB, karena jika anda simpan sekaligus, saya khawatir di tengah backup, aplikasi anda hang.
Akhirnya hampir semua data saya yang penting kembali, meskipun ada beberapa data dalam kompresi rar yang corrupt dan tidak bisa dibaca. Mengembalikan data yang sangat banyak itu tidak kurang membutuhkan waktu 8 jam.
BAd Sector
Setelah saya pastikan data kembali, saya lantas melakukan partisi ulang pada hardisk saya. Saya gunakan saja Partition Magic biar gampang. Tapi saat partisi NTFS dibuat, terjadi error. Saya mencoba melakukan partisi lagi dengan Windows XP, dan partisi dinyatakan gagal. Jika gejalanya demikian, ada kemungkinan hardisk anda mengalami bad sector.
Berdasarkan informasi dari Ech saya mencoba HDD Regenerator untuk “memperbaiki” bad sector itu. Dan hasilnya untuk sementara hardisk masih bisa digunakan. Saya sendiri tak mau ambil resiko, dan bermaksud mengganti hardisk yang telah berumur lebih dari 8 tahun itu dengan hardisk baru.
Perjuangan yang hampir dua hari-dua malam itu akhirnya berhasil, dan saya bisa bermain komputer lagi.
Update 28 – April 2010 : teman saya membiat posting juga tentang hal ini dengan software berbeda silahkan meluncur ke sana http://akhdian.net/2010/05/18/mengembalikan-data-hardisk-yang-terformat/
Update 21 Mei 2010 : http://ebsoft.web.id/2010/05/21/selamatkan-file-dengan-data-recovery-wizard-free-edition/
——–
PERHATIAN : Silahkan memanfaatkan artikel ini, namun saya tidak melayani pertanyaan, permintaan software, dan jasa pengembalian hardisk yang rusak. Karena ini hanya pengalaman pribadi dan saya bukan professional di bidang ini. Silahkan mencari alternatif informasi lainnya  di google.  Terimakasih.

Tidak ada komentar: